Breaking News

Blogger Template

Selasa, 14 Mei 2013

PELANGGARAN HAM Di ACEH GEMPARKAN WASHINGTON,DC

 TNI di depan gerbang Exxon Mobil
Washington, DC - Pada tahun 2000, TNI menahannya saat ia mengunjungi sebuah kamp pengungsi. Mereka menembaknya "di tiga tempat di kakinya," kemudian "menyiksanya selama beberapa jam." Para prajurit " memecahkan tempurung lutut-nya, menghancurkan tengkoraknya, dan menyundutnya dengan rokok." Setelah ia dibawa ke rumah sakit untuk diobati luka-lukanya, ia kembali ke penyiksanya, yang menahannya selama sekitar satu bulan dan "menyiksanya secara teratur."

Peristiwa ini terjadi di Provinsi Aceh, pada puncak perang sipil berdarah. Menurut pengaduan korban, penculiknya bukan sembarang tentara. Mereka adalah "personel keamanan ExxonMobil." Dan sekarang, lebih dari satu dekade kemudian, ExxonMobil telah diadili dalam gugatan hak asasi manusia.

Pada bulan Juni 2001, John Doe III dan 10 warga sipil di sekitar ladang gas ExxonMobil mengajukan gugatan terhadap ExxonMobil di pengadilan distrik federal Washington, DC. Dalam tuntutannya, masyarakat menuntut perusahaan bertanggung jawab atas keterlibatan dalam penyiksaan, penahanan sewenang-wenang, dan pembunuhan yang diduga dilakukan oleh tentara Indonesia yang disewa untuk keamanan ExxonMobil.

ExxonMobil bersikeras menyatakan diri tidak bersalah dalam kasus ini.

"Kami telah berjuang selama bertahun-tahun menyatakan klaim tak berdasar," kata juru bicara ExxonMobil, David Eglinton. Selama beroperasi di di Indonesia, ExxonMobil telah bekerja selama beberapa generasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui rekrutmen pekerja lokal, penyediaan layanan kesehatan dan investasi masyarakat luas. Perusahaan mengutuk keras pelanggaran HAM dalam bentuk apapun.

Namun dalam putusan 2008, hakim federal pengadilan distrik, Louis Oberdorfer memerintahkan Exxon untuk menghadapi persidangan. "Seorang pencari fakta yang wajar," tulis hakim, mengutip korespondensi internal dari Exxon dan anak perusahaannya di Indonesia, EMOI, "bisa menyimpulkan bahwa pasukan keamanan yang dibayar perusahaan melakukan tindakan kekerasan dan bahwa EMOI dan Exxon Mobil bertanggung jawab." Exxon mengajukan banding, namun panel pengadilan federal menguatkan putusan pada bulan Juli 2011.
Diharapkan pada awal Desember, putusan pengadilan hampir pasti menetapkan preseden- yang memungkinkan orang di seluruh dunia untuk menggugat perusahaan di pengadilan federal AS untuk pelanggaran seperti tenaga kerja budak, pembunuhan di luar hukum, dan penyiksaan, atau pemecatan. Lebih dari selusin kasus sejenis Tort melibatkan ratusan penggugat sudah pada tahap keputusan.

Terry Collingsworth, seorang pengacara hak asasi manusia yang awalnya mengajukan kasus Aceh dan tetap menjadi penasehat dalam kasus ExxonMobil menjelaskan karena mereka (ExxonMobile-red) melarang pelanggaran yang sama dalam kode mereka sendiri secara sukarela maka mereka juga harus siap untuk berdiri di pengadilan "dan bertanggung jawab atas pembunuhan dan penyiksaan."

Pada pagi hari tanggal 21 Maret 2001, bel pintu berbunyi di lantai sembilan gedung di Washington, DC, pada Forum International Labor Rights, sebuah kelompok advokasi bagi pekerja yang terkena dampak globalisasi ekonomi. Dari muka pintu seorang asing muda muncul berbicara tidak dalam bahasa Inggris tetapi bahasa Indonesia.

Namanya adalah Mohammed Saleh, dan dia adalah seorang aktivis mahasiswa yang mewakili sebuah kelompok hak asasi manusia yang kecil di Aceh, Indonesia. Pemerintah Indonesia memenjarakan pemimpin kelompok itu, Muhammad Nazar, untuk advokasi referendum kemerdekaan Aceh. Jadi Nazar mengatur Saleh ke Washington, DC, untuk memberitahu orang Amerika tentang krisis Aceh.


 Dua jenazah anggota GAM di Aceh Utara.

Salah satu staf Forum ini, Bama Athreya, yang kebetulan bisa berbahasa Indonesia saat bekerja di Jakarta, menyambut Saleh. Dia pernah bertemu dengannya sebelumnya dan ia menceritakan kisah disampaikan oleh penduduk desa yang tinggal dekat ExxonMobil.

Sampai di lantai 9, Athreya memperkenalkan Saleh kepada Collingsworth, putra seorang penjaga toko di sebuah pabrik tembaga di Cleveland dan mantan operator mesin di pabrik. Collingsworth tumbuh menjadi pengacara perburuhan. Di sekolah hukum ia mengembangkan minat dalam isu-isu hak asasi manusia. Kasus UNOCAL adalah salah satu kasus besar pertamanya.

Ketika Saleh tiba, Collingsworth membawanya ke ruang konferensi. Dengan Athreya sebaga penerjemah, ia mendengarkan pemuda itu bercerita tentang kekejaman yang terjadi di Aceh, dan dugaan peran pasukan keamanan ExxonMobil. Dalam waktu seminggu, Collingsworth berada di pesawat terbang ke Indonesia.

FOTO:Orang ini, yang tewas dua tahun setelah gugatan diajukan, mengklaim bahwa serangan oleh aparat keamanan ExxonMobil mengakibatkan hilangnya tangan dan mata.
Foto: Terry Collingsworth
 
                                                     
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By